Cara Membuat Efek Halftone di Adobe Illustrator

Efek Halftones adalah titik-titik dengan berbagai ukuran dan jarak, bergabung bersama untuk mensimulasikan nada atau gradien. Meskipun ini adalah metode yang terhubung dengan pencetakan, estetika membuatnya populer untuk digunakan bahkan untuk konten digital.

Setelah membaca banyak komik yang menggunakan halftone, saya memiliki kecintaan khusus pada komik tersebut yang ingin saya bagikan dengan Anda dalam tutorial ini. Anda akan menemukan bahwa tidak terlalu sulit untuk membuat efek ini di Adobe Illustrator, dan dengan menggunakan halftone sebagai ganti gradien hitam putih atau abu-abu biasa, Anda dapat memberikan daya tarik unik tertentu pada komik dan karya seni Anda.

Cara Membuat Efek Halftone di Adobe Illustrator

Cara Membuat Efek Halftone di Adobe Illustrator

1. Cara Membuat Seni Garis

Langkah 1

Pertama kita perlu membuat karya seni yang akan digunakan dengan halftone. Saya telah membuat sketsa seorang wanita yang terkejut, sebagai referensi untuk seni pop, yang sering dikaitkan dengan halftone.

Saya membuka dokumen baru di Adobe Illustrator dan mengimpor sketsa dengan membuka Berkas > Tempat…

Dari sana saya klik dua kali pada layer saat sketsa ditempatkan, centang templat kotak dan tekan baik. Saya tidak akan bekerja dengan sebagian besar dari mereka untuk yang satu ini, tetapi memberi nama layer Anda selalu merupakan praktik yang baik.

Lapisan template untuk sketsa

Langkah 2

Sekarang saya mulai membuat sketsa longgar dengan Alat sikat. Seperti biasa, saya suka menggunakan kuas kustom gaya komik saya dari tutorial sebelumnya, tetapi jangan ragu untuk menggunakan kuas Anda sendiri.

Tinta di atas sketsa

Langkah 3

Saya suka membuat sketsa cukup longgar dan melakukan penentuan yang sebenarnya selama proses tinta. Saya menemukan bahwa banyak energi dari sketsa dapat hilang saat membuat tinta, jadi metode saya adalah tidak terlalu berusaha untuk membuat sketsa, dan menggunakannya sebagai panduan kasar daripada peta yang tepat untuk diikuti.

Saya telah berbeda dari sketsa di banyak tempat, tetapi sekarang saya merasa bahwa itu memiliki energi di balik ekspresi yang tepat, dan siap untuk langkah berikutnya.

Seni garis selesai

2. Menambahkan Warna Abu-abu

Menggunakan Alat Pena untuk membuat bentuk rambut. Buat dua bentuk, satu untuk setiap sisi rambut yang dipisahkan. Untuk mendapatkan gradien hitam putih, cukup tekan tombol Periode kunci pada keyboard Anda.

Mulailah mengisi lineart dengan abu-abu

Setelah rambut selesai, saya menambahkan bentuk untuk bibir dan iris juga. Karena rambutnya menutupi sebagian wajahnya, saya menambahkan bayangan besar di bawah kunci besar rambut.

Alat gradien yang digunakan untuk bibir dan rambut mata

Saat mengarsir kulit, saya mencoba mengingat dari mana sumber cahaya berasal dalam gambar—dalam hal ini dari kiri—dan mencoba memecah bentuknya seperti itu. Untuk menambah kejutan pada ekspresi, saya menambahkan bayangan tambahan di bawah mata, yang dapat memiliki efek menakutkan.

Saat mengarsir lidah, saya membuat objek abu-abu gelap hingga sedang dengan Alat Penadan kemudian saya menambahkan titik abu-abu yang lebih terang dengan Alat jala.

Perangkat jala yang digunakan untuk lidah

Cara yang baik untuk mempertahankan kontrol atas keseluruhan tampilan gambar Anda adalah dengan membuat palet skala abu-abu dari mana Anda memilih warna Anda. Dengan membatasi diri Anda hanya pada beberapa warna, Anda meminimalkan risiko terlihat kacau dan terlalu banyak bekerja.

Palet skala abu-abu

3. Saatnya Membuat Halftone!

Sekarang kami memiliki gambar skala abu-abu yang cukup bagus, tetapi kami ingin memilikinya dalam halftone. Bagian ini mudah, tetapi juga sedikit menuntut. Meskipun mengonversi objek ke skala abu-abu hanya dengan mengklik tombol, mendapatkan tampilan yang diinginkan memerlukan pengaturan yang tepat.

Pengaturan mana yang terbaik untuk digunakan bergantung pada jenis gambar yang Anda cari dan ukuran serta resolusi yang Anda gunakan. Dengan kata lain, dibutuhkan beberapa trial and error.

kulit

Saya mulai dengan memilih semua objek yang membentuk bayangan kulit. Setelah ini dipilih, saya pergi ke Memengaruhi menu dan pilih Pixelated kemudian Warna halftone. Meskipun tertulis “Color Halftone”, saya sarankan untuk mulai membuatnya dalam warna hitam dan putih, hanya karena lebih mudah untuk melacak bagaimana kedua warna tersebut berperilaku. Membuat halftone dalam warna melibatkan pencampuran beberapa warna, dan hasilnya bisa lebih rumit untuk dimanipulasi.

Pengaturan halftone

Gambar saya tidak terlalu besar, jadi pengaturan yang saya putuskan untuk digunakan memiliki nilai yang cukup rendah, yang menciptakan pola solid yang bagus untuk kulit.

Hasil setengah nada
rambut

Untuk rambut saya menginginkan sesuatu yang lebih berani, dan saya menaikkan nilainya sedikit.

 

Pengaturan halftone

Di sini Anda benar-benar dapat melihat cara kerja titik-titik, semakin kecil gradiennya semakin ringan.

Hasil setengah nada
mulut

Akhirnya, untuk mulut, saya memutuskan untuk bereksperimen lebih banyak dengan nilai mesh sebelum menerapkan halftone.

Pengaturan halftone
Hasil setengah nada

4. Gunakan Dot Swatch untuk Latar Belakang

Selain membuat efek halftone sendiri, Illustrator juga menawarkan beberapa swatch siap pakai. Anda dapat menemukannya dengan membuka Windows > Buka Swatch Library > Patterns > Basic Graphics > Basic Graphics_Dots.

Ini akan memberi Anda pilihan abu-abu polos dan gradien dalam halftone. Meskipun mereka mungkin tidak sefleksibel membuatnya sendiri, mereka cepat dan mudah digunakan, dan akan menjadi latar belakang yang bagus untuk gambar kita.

Bidikan pola titik

Pekerjaan Hebat, Anda Selesai!

Membuat efek halftone di Illustrator tidak terlalu sulit , tetapi masih bisa bervariasi. Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa penampilan mereka dapat berubah secara tidak memuaskan saat penskalaan. Pendekatan terbaik adalah menggunakan halftone pada gambar yang sudah dalam ukuran akhir. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kejutan yang tidak menyenangkan saat mengekspor gambar.

Anda mungkin menghabiskan sedikit waktu ekstra untuk mengubah pengaturan untuk mendapatkan kerapatan titik yang sempurna, tetapi menambahkan halftone bisa menjadi cara yang bagus untuk karya seni grayscale Anda. Terutama dengan semua sumber daya yang tersedia, ada beberapa cara untuk mendekati gaya jenis ini juga.

Hasil akhir
hobi nulis tutorial tentang desain grafis dan tips seputar IT
adbanner