Cara Mengekspor SVG Dari Affinity Designer

Saat Anda mulai bekerja dengan SVG, penting untuk memahami cara membuat, mengoptimalkan, lalu mengekspor file SVG dari Affinity Designer.

Baik Anda perlu mengekspor SVG untuk desain web atau mengekspor SVG untuk Cricut, prosesnya bisa sangat sederhana jika Anda meluangkan waktu untuk mengoptimalkan dan memahami pengaturannya.

Namun, sebelum kita mulai, satu hal yang sangat penting. Optimalisasi file SVG dimulai dengan pembuatannya dan berlanjut hingga ekspor. Inilah yang akan Anda pelajari hari ini: proses dari awal hingga akhir.

Apa yang Akan Anda Pelajari dalam Tutorial SVG Desainer Relasional ini

  • Apa itu SVG?
  • Cara mengoptimalkan file SVG untuk ekspor
  • Pengaturan ekspor dijelaskan secara rinci
  • Cara mengekspor SVG dari Affinity Designer

1. Apa itu SVG?

SVG singkatan dari Grafik Vektor yang Dapat Diskalakan dan merupakan jenis file grafik yang digunakan untuk gambar dua dimensi.

Desain SVG dapat terdiri dari satu objek atau bentuk, jalur gabungan atau grafik berlapis. Itu dapat ditingkatkan atau diturunkan tanpa kehilangan kualitasnya dan tetap tajam pada ukuran tertentu.

Di Desainer RelevansiAnda dapat membuat desain SVG Anda sendiri dan mengekspornya sebagai file SVG bersama dengan berbagai format file lainnya.

Penggunaan terbaik untuk SVG adalah:

  • SVG untuk desain web
  • SVG untuk Cricut atau mesin pemotong lainnya

File SVG populer sebagai potong filenya karena sangat fleksibel saat mengedit. Sangat mudah untuk membuka dengan program vektor lain dan dengan perangkat lunak mesin pemotong Anda, membuat proses menggunakan Affinity Designer untuk mengekspor SVG untuk Cricut bebas stres.

2. Siapkan dan Optimalkan SVG di Relational Designer

Saat Anda membuat grafik yang ditujukan untuk ekspor SVG, Anda perlu mengambil beberapa langkah untuk membuat hasil akhir dioptimalkan dengan benar. Mari kita jelajahi mereka sekarang.

Ingat Resolusi Dokumen

  • 72 dpi untuk tampilan web
  • 96 dpi jika mesin pemotong Anda membutuhkannya
  • 300 dpi untuk keperluan pencetakan

Muat Artboard untuk Menggambar

Jika Anda ingin SVG Anda ditampilkan atau dicetak dengan benar, coba kurangi ruang putih di sekitar grafik Anda jika perlu (1).

Berikan Struktur Grafis Anda

Karena SVG adalah format yang dapat diedit di mana Anda dapat memilih dan memanipulasi elemen individual secara terpisah, penting untuk memberi setiap elemen nama yang bermakna saat Anda membuatnya. Jika Anda atau orang lain akan membuka dan mengedit file nanti, semuanya akan dapat dikenali dan mudah digunakan (2).

Sederhanakan Bentuk Anda Sebisa Mungkin

Semakin banyak poin yang dimiliki gambar, semakin besar ukuran file dan semakin sulit untuk mengedit dan memelihara. Membuat file kecil dan efisien membuat hidup Anda lebih mudah nantinya. Untuk mencapai ini, coba gunakan formulir (Alat Persegi (M), Alat Elips (M), Alat Segitigadll.) daripada menggambar jalur bila memungkinkan (3).

Periksa Koordinat Posisi

Pastikan desain berada di dalam seluruh area piksel (tanpa titik desimal) agar gambar tetap segar (4).

Konversi Teks ke Kurva (Bila Berlaku)

  • Jangan berubah teks ke kurva jika teks dalam grafik Anda perlu tetap dapat diedit untuk diedit nanti atau saat dibuka dengan perangkat lunak lain.
  • Mengubah teks ke kurva jika pencetakan atau pemotongan teks yang akurat lebih penting.
cara mengekspor svg dari desainer afinitas yang dioptimalkan desain svgcara mengekspor svg dari desainer afinitas yang dioptimalkan desain svgcara mengekspor svg dari desainer afinitas yang dioptimalkan desain svg

3. Cara Mengekspor SVG Dari Affinity Designer

Setelah Anda menyelesaikan desain Anda, langkah selanjutnya dan terakhir adalah menyimpannya. Di kiri atas layar, klik Mengajukan dan pilih Ekspor.

cara mengekspor desainer afinitas svgcara mengekspor desainer afinitas svgcara mengekspor desainer afinitas svg

Itu Pengaturan Ekspor jendela akan memberi Anda berbagai format file. Klik pada format file SVG untuk memilihnya.

Di bawah Prasetel, Pilih SVG (untuk ekspor) lalu klik Lagi…

pengaturan ekspor desainer afinitas svg pengaturan ekspor desainer afinitas svg pengaturan ekspor desainer afinitas svg

Anda akan melihat panel berikut. Mari kita jelajahi opsi yang disajikan secara lebih rinci. Di panel kiri, Anda dapat melihat pengaturan ekspor SVG Relational Designer default, dan di panel kanan adalah pengaturan yang disarankan untuk proses ekspor yang lebih baik dan dioptimalkan.

Pengaturan Ekspor SVG menggunakan:

  • Rasterisasi: Tidak ada
  • Memeriksa Ekspor teks sebagai kurvajika berlaku
  • Memeriksa Ratakan transformasinya: saat dipilih, objek yang diubah ‘diatur’ dalam file yang diekspor. Hal ini memungkinkan file untuk dilihat lebih akurat di seluruh aplikasi. Jika opsi ini dimatikan, objek tetap diubah ukurannya secara dinamis untuk memungkinkan pengeditan yang lebih fleksibel.
  • Memeriksa Tambahkan jeda baris: ketika dipilih, kode dalam file yang diekspor akan dioptimalkan untuk dilihat dan dibaca oleh manusia. Jika opsi ini dimatikan, gambar akan diekspor dengan kode pada satu baris, yang akan membuat ukuran file jauh lebih kecil.
  • Hapus centang Izinkan kompresi JPEG
  • Hapus centang Setel area pandang: saat dipilih, file yang diekspor menyertakan koordinat dan dimensi yang menentukan kotak tampilan gambar. Jika opsi ini dimatikan, tidak ada data viewport yang disertakan dalam file yang diekspor. Area ekspor digunakan untuk menentukan kotak tampilan.
Pengaturan ekspor desainer afinitas svg dijelaskanPengaturan ekspor desainer afinitas svg dijelaskanPengaturan ekspor desainer afinitas svg dijelaskan

Setelah selesai, tekan menutupdan Anda dapat melanjutkan dan mengklik Ekspor di jendela utama. Pilih tujuan file dan tekan Menyimpan.

Selamat! Kamu sudah selesai!

Anda telah berhasil mempelajari cara mengekspor SVG dengan benar dari Affinity Designer, dan SVG Anda sekarang siap digunakan di berbagai proyek.

Format file SVG akan terus mendapatkan lebih banyak kekuatan. Jika Anda belum menyelam, itu adalah keputusan yang baik untuk mulai belajar sekarang.

Ingin Tahu Lebih Banyak?

Pastikan untuk melihat lebih banyak tutorial yang kami rekomendasikan:

hobi nulis tutorial tentang desain grafis dan tips seputar IT
adbanner